Asal Mula Baju Koko Pria dan Merknya yang Terkenal

Saat ini baju koko tengah menjadi salah satu jenis produk pakaian yang dicari-cari oleh banyak orang. Jaman telah mengalami perubahan, begitu pula dengan baju koko. Sebelum terkenal seperti sekarang ini, baju koko hanya dikenakan oleh orang-orang yang hendak beribadah ke Masjid atau Mushalla. Tetapi saat ini baju koko menjadi bagian daripada fashion, terutama laki-laki.

Asal Mula Baju Koko Pria dan Merknya yang TerkenalSebelum banyak merk baju koko pria terkenal yang berdatangan, pernahkah bertanya bagaimana sebutan baju koko ini bermula? Menurut pengamatan David Kwa sang ahli budaya dari Tionghoa peranakan, menyebutkan bahwa baju koko yang dipakai orang-orang saat ini berasat dari baju masyarakat Cina bernama “Tui-Khim”. Warga Betawi menjuluki pakaian ini dengan “Baju Tikim”.

Baju Tikim  ini sejatinya mirip dengan model pakaian yang diproduksi oleh merk-merk baju koko pria terkenal. Yakni memiliki bukaan baju yang berada di tengah-tengah dengan kancing yang berjumlah lima buah. Masyarakat Betawi biasa mengenakan baju ini dengan perpaduan celana batik. Budaya pakaian seperti ini pernah ditunjukkan di sinetron si Doel oleh aktor Benjamin S rahimahullah.

Menurut Remy Stylado sebagai seroang budayawan menceritakan proses baju Tui-Khim menjadi baju koko yang banyak digunakan orang-orang saat ini. Menurut dia, baju Tui-Khim biasa digunakan oleh engkoh-engkoh pada jama dahulu. Dalam bahasa Indonesia, “engkoh-engkoh” menjadi “Koko”. Begitulah cerita singkatnya perubahan dari baju Tui-Khim menjadi baju Koko.

Baju koko sendiri memiliki banyak penyebutan. Di beberapa daerah di Indonesia, banyak yang menyebut baju koko ini dengan baju takwa. Padahal sebenarnya, baju takwa merupakan baju yang berbeda dengan baju koko jika dilihat dari asal muasalnya. Baju takwa sendiri merupakan hasil modifikasi dari baju tradisional Jawa, yakni Surjan. Surjan ialah pakaian adat Jawa yang biasa dikenakan oleh laki-laki dalam kesehariannya.

Baju Surjan ini masih sering ditemukan di daerah sekitar Yogyakarta dan Solo atau tempat wisata yang berada di Jawa Tengah. Salah satu tokoh Islam di Indonesia jaman dahulu, Sunan Kalijaga ialah seseorang yang pertama kali memodifikasi Surjan menjadi baju takwa.

Dan begitulah seiring berjalannya waktu, baju koko dan baju takwa mengalami perkembangan dengan berbagai macam modifikasi. Mulai dari baju koko yang bertema adat atau budaya hingga bertema kekinian dengan khas anak muda. Hal ini dikarenakan banyaknya pasar yang menginginkan produsen baju koko untuk bisa dikenakan untuk semua kalangan.

Dengan banyaknya permintaan pasar, muncullah beberapa merk baju koko pria terkenal yang berdiri guna untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Masing-masing merk tentunya memiliki ciri khas tersendiri, baik itu berupa motif, fungsi, atau pasar yang dituju. Berikut ini 5 merk baju koko pria terkenal yang diminati oleh banyak orang.

1. Baju Koko Contempo

Merupakan merk baju koko yang mengedepankan motif pada baju yang tidak terlalu ramai. Produk bajunya biasa dibuat dengan bahan katun.

2. Baju Koko Intresse

Merk baju koko pria terkenal selanjutnya ialah Intresse. Salah satu produknya memiliki desain yang cukup minimalis. Memiliki motif yang sederhana di bagian tengah baju dan tidak mengganggu pandangan mata. Seperti merk lainnya, Intresse menggunakan bahan katun.

3. Baju Koko Salt n Pepper

Merk Salt n Pepper sering dijumpai memiliki produk dengan motif bordir dalam baju kokonya. Dengan warna yang soft, motif bordirannya tetap sedap dilihat mata.

4. Baju Koko NextUp

NextUp merupakan salah satu merk baju koko yang banyak digemari oleh anak muda. Pada salah satu produknya, sering menampilkan desain baju yang minimalis dengan bahan Cotton.

5. Baju Koko Samase

Samase merupakan salah satu produk lokal tepatnya dari Bandung. Produk lokal yang berani bersaing dengan para kompetitornya. Hal ini ditunjukkan dengan bahan-bahan yang digunakan oleh Samase merupakan bahan import. Bukan main, Samase memberikan harga yang terjangkau dengan kualitas import. Bahkan Samase menjadi merk baju koko pria terkenal karena desain-desain yang digunakan sangatlah up to date.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *